Selamat Datang di Viva Persik
Info Seputar Kediri dan sekitarnya, Persik Kediri dan Persikmania

Feliz Cumpleanos, Diego ...! Happy Birthday, Diego ...!

Diposkan oleh : Admin , pada 30 Oktober 2010

Kediri Tweet This ! Kediri Share On Facebook ! Kediri Share On Google Buzz ! Kediri Add To Del.icio.us ! Kediri Share On Digg ! Kediri Share On Reddit ! Kediri Share On LinkedIn ! Kediri Post To Blogger ! Kediri Share On StumbleUpon ! Kediri Share On Friend Feed ! Kediri Share On MySpace ! Kediri Share On Yahoo Buzz ! Kediri Share On Google Reader ! Kediri Google Bookmark ! Kediri Send An Email ! Kediri Lintas Berita !

vivapersik
VIVA-PERSIK,  Tepat di tanggal ini 30 Oktober, 50 yang tahun lalu lahir seorang bayi yang bakal jadi salah satu bintang besar sepakbola dunia. Dialah Diego Armando Maradona, yang hingga kini namanya masih dipuja sebagian besar para penggila sepakbola.

Maradona kecil besar di Villa Fiorito, sebuah kawasan padat penduduk di sebelah selatan Buenos Aires. Seperti kebanyakan anak seusianya di sana, Maradona berasal dari keluarga yang kurang mampu. Namun dengan kesenangannya pada sepakbola, Maradona akhirnya mulai menapaki jejaknya sebagai pesepakbola.

Mengawali karirnya di dua klub lokal, Argentinos Juniors dan Boca Juniors, Maradona melanglang buana ke Eropa dan Barcelona jadi tujuan pertamanya pada tahun 1982. Namun di klub Catalan tersebut karir Maradona tak begitu cemerlang dan ia pun memutuskan pindah ke Napoli dua tahun kemudian. Barulah di klub Seri A ini Maradona mencapai puncak karirnya sebagai pesepakbola.

Maradona bersama pelatih Ottavio Bianchi membawa Napoli meraih scudetto di tahun 1987 dan 1990. Selain itu pada Coppa Italia 1987 dan Piala UEFA 1989. Pemain berjuluk Pibo del'Oro ini juga jadi topscorer Seri A musim 1988.

Tak hanya sukses di level klub, Maradona juga bergelimang prestasi di timnas Argentina. Puncaknya adalah membawa Albiceleste juara Piala Dunia 1986 di Meksiko, yang terkenal dengan gol Tangan Tuhan dan solo run-nya ke gawang Inggris.

vivapersik
Tapi Maradona hanya manusia yang tak sempurna, kehidupannya di luar lapangannya banyak dihiasi kontroversi. Karir pria ini terhenti karena ketergantungannya pada kokain yang justru dimulainya saat sedang di Napoli dan ia pun sempat diskorsing selama 15 bulan. Bahkan pada Piala Dunia 1994 ia dipulangkan karena ketahuan memakai dopping.

Sayang karir kepelatihan Maradona tak begitu cemerlang dan banyak dihiasi kegagalan termasuk saat menangani Argentina di Piala Dunia 2010 lalu. Kritikan tak pernah lepas darinya terkait Argentina sempat terancam gagal lolos ke Afrika Selatan dan penampilan tim tersebut yang selalu pas-pasan. Akhirnya Maradona pun mengundurkan diri usai Argentina disingkirkan Jerman di perempatfinal Piala Dunia 2010.

Terlepas dari segala kontroversinya dan kelakuannya, Maradona tetaplah Maradona, seorang pesepakbola besar yang pernah dilahirkan di dunia ini. Bahkan di Kota Naples, Maradona sudah dianggap sebagai Tuhan dan dibuatkan altar khusus sebagai tempat pemujaan. Sampat saat ini pun dunia selalu memperdebatkan siapa sebenarnya yang lebih hebat, antara Pele atau Maradona, dua bintang yang beda zaman.

"Maradona adalah pesepakbola terhebat yang pernah kulatih dalam karirku," sahut Bianchi di Football Italia.

"Bersama-sama kami memenangi banyak trofi dan memberikan pengalaman berharga serta unik kepada fans Napoli. Aku sangat peduli padanya sebagai serorang pemain dan juga manusia," sambung Bianchi.

"Aku mendoakan yang terbaik untuknya di mana ia bisa merayakan ulangtahun bersama keluarga dan teman-temannya. Untuk ke depanya kuharap ia bisa menikmati karirnya. Dia adalah seorang pemenang dan bisa melakukan apapun dengan baik di mana saja," pungkas Bianchi.

Pada ulang tahun ke-50 nya ini, Maradona mendapat hadiah khusus dari produsen alat-alat olahraga PUMA. Pabrikan asal Jerman itu menghadiahinya kue berbentuk sepatu Puma King yang merupakan sepatu favoritnya selama masih bermain.

Feliz Cumpleanos, Diego! Happy Birthday, Diego ...!


(detiksport)

LIHAT JUGA :
 » JADWAL dan HASIL LIGA CHAMPION EROPA 2010-2011
 » JADWAL dan KLASEMEN LIGA INGGRIS 2010-2011
 » JADWAL dan KLASEMEN LIGA SPANYOL 2010-2011
 » JADWAL dan KLASEMEN LIGA ITALIA 2010-2011
 » JADWAL dan KLASEMEN LIGA JERMAN 2010-2011

PELUANG USAHA :
Kediri
99out of 100 Review of : VivaPersik Jumlah Voting : 9999 Orang. Kediri Kuliner Prediksi Bola Jersey

Artikel Lain Tentang :