Selamat Datang di Viva Persik
Info Seputar Kediri dan sekitarnya, Persik Kediri dan Persikmania

Puasa Jadi Kuat, Berkat Sahur dengan Menu Sehat

Diposkan oleh : Admin , pada 31 Juli 2011

Kediri Tweet This ! Kediri Share On Facebook ! Kediri Share On Google Buzz ! Kediri Add To Del.icio.us ! Kediri Share On Digg ! Kediri Share On Reddit ! Kediri Share On LinkedIn ! Kediri Post To Blogger ! Kediri Share On StumbleUpon ! Kediri Share On Friend Feed ! Kediri Share On MySpace ! Kediri Share On Yahoo Buzz ! Kediri Share On Google Reader ! Kediri Google Bookmark ! Kediri Send An Email ! Kediri Lintas Berita !

Puasa Jadi Kuat, Berkat Sahur dengan Menu Sehat
VIVA-PERSIK,  Ramadhan, bulan agung yang dinantikan umat Muslim tiba. Agar maksimal menjalankan ibadah puasa wajib selama sebulan penuh, mestinya kita persiapkan segala sesuatunya sejak awal. Alangkah beruntung bila fisik telah digembleng dengan puasa sunah Senin – Kamis atau puasa pada bulan Rajab dan Sya’ban.

Ibu Bijak, peran kita sangat penting untuk mendukung lancarnya ibadah puasa semua anggota keluarga. Hal ini bisa kita lakukan dengan secermat mungkin menyiapkan menu-menu sahur yang sehat. Supaya stamina keluarga selalu terjaga, tentu kita mesti melengkapi menu tersebut dengan nutrisi yang seimbang.

Dan, kreativitas kita pun diuji, bagaimana menyajikan menu yang bervariasi supaya tak bosan. Sebelumnya, mari kita ingat kembali apa yang dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW. terkait makan sahur yang baik. Sang Teladan seluruh umat memberikan contoh kepada kita agar sahur dilakukan saat-saat akhir mendekati imsak.

Juga menghindari makan/minuman manis, hal ini berlawanan dengan anjuran berbuka puasa. Contoh Nabi tersebut bukan tanpa alasan. Menurut ilmu pengetahuan modern, makanan yang manis hanya bertahan 2 jam setelah dimakan. Sementara, puasa yang kita lakukan sekitar 14 jam lamanya, jadi 12 jam sisanya kita akan merasa lemas.

Selain itu, makanan manis juga akan memacu pelepasan insulin sehingga kita cepat lapar. Menu sahur sebaiknya cukup mengandung karbohidrat. Sebab, karbohidrat mampu bertahan dalam tubuh hingga 5 jam setelah dikonsumsi.

Di samping itu, tambahkan juga sayur mayur dan buah yang kaya serat. Selain makanan manis, perlu dihindari pula makanan dengan rasa pedas dan asam, makanan yang mengandung gas seperti kol/kubis, juga minuman bersoda dan kopi.
(sindo)
LIHAT JUGA :
 » JADWAL,HASIL dan KLASEMEN DIVISI UTAMA 2010-2011
 » JADWAL,HASIL dan KLASEMEN SUPER LIGA 2010-2011
 » TOP SKOR dan KLASEMEN LIGA PRIMER INDONESIA 2011
 » JADWAL dan HASIL LIGA CHAMPION EROPA 2010-2011
 » JADWAL dan KLASEMEN LIGA INGGRIS 2010-2011
 » JADWAL dan KLASEMEN LIGA SPANYOL 2010-2011.
 » JADWAL dan KLASEMEN LIGA ITALIA 2010-2011.
 » JADWAL dan KLASEMEN LIGA JERMAN 2010-2011. Kediri
99out of 100 Review of : VivaPersik Jumlah Voting : 9999 Orang. Kediri Kuliner Prediksi Bola Jersey

Artikel Lain Tentang :