Selamat Datang di Viva Persik
Info Seputar Kediri dan sekitarnya, Persik Kediri dan Persikmania

Tips / Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Diposkan oleh : Admin , pada 05 September 2012

Kediri Tweet This ! Kediri Share On Facebook ! Kediri Share On Google Buzz ! Kediri Add To Del.icio.us ! Kediri Share On Digg ! Kediri Share On Reddit ! Kediri Share On LinkedIn ! Kediri Post To Blogger ! Kediri Share On StumbleUpon ! Kediri Share On Friend Feed ! Kediri Share On MySpace ! Kediri Share On Yahoo Buzz ! Kediri Share On Google Reader ! Kediri Google Bookmark ! Kediri Send An Email ! Kediri Lintas Berita !

Kediri, Kediri, Kediri, Berita Seputar Kediri dan sekitarnya

Anak susah makan merupakan permasalahan yang sering dikeluhkan orang tua, Anak kerap kali lebih suka jajan daripada makan makanan rumah. Berbagai cara seolah tidak berhasil dilakukan untuk mengatasi anak yang sulit makan. Bahkan terkadang para orang tua menjadi tertekan dan stress karena kekhawatiran soal kecukupan gizi buah hatinya. Untuk membuat si kecil mau makan perlu dilakukan trik-trik tersendiri. Berikut adalah beberapa cara untuk mendorong dan membangun kebiasaan makan yang sehat pada anak.

1. Membuat Suasana Makan yang Menyenangkan
Ketika anak Anda tidak mau memakan makanannya sampai habis atau bahkan tidak menyentuh makanannya, sebaiknya jangan dipaksa, karena semakin Anda memaksanya maka masalah makan anak semakin buruk. Anda bisa mengubah waktu makan menjadi lebih menyenangkan dengan mengajaknya membuat makanan bersama, bereksperimen dengan resep baru atau bisa juga dengan menghias makanan yang ia tidak sukai seperti sayur menjadi lebih menarik.

2. Variasi Makanan
Cobalah buat beberapa pilihan menu makanan, lalu biarkan buah hati Anda memilih makanan yang ia sukai. Biasanya anak lebih suka dengan makanan pilihannya.

3. Beri Cemilan Sehat
Jika anak anda cenderung lebih suka memakan makanan berupa cemilan, berikan ia cemilan sehat dalam porsi kecil namun beragam. Misalnya saja bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, donat dengan taburan keju, atau anda bisa mencoba untuk mengolah sayur dan buah menjadi makanan yang belum pernah dicoba, sehingga akan meningkatkan keinginan anak untuk makan sehat.

4. Ajak Anak untuk Menyiapkan Makanan
Jangan anggap anak sebagai pengganggu ketika dia menghampiri Anda ke dapur. Justru Ajak dia untuk membantu Anda menyiapkan hidangan, dan ikut andil dalam beberapa tugas sederhana seperti mengaduk, mencampur atau bahkan mencuci bahan makanan. Dengan begitu, Anda dapat membantu anak untuk merangsang kreatifitas, melatih ketangkasan dan mengasah keterampilan bekerja sama. Selain itu dengan membantu menyiapkan makanan, Anak dapat belajar menghargai makanan setelah mengolahnya sendiri.

5. Konsultasikan ke Dokter
Jika ternyata nafsu makan adalah masalah utama dari kebiasaan makan yang buruk bagi anak, Anda bisa meminta bantuan dokter anak atau ahli gizi. Biasanya dokter akan memberi vitamin atau susu khusus yang dapat meningkatkan nafsu makan anak.

(DIP). Kediri
99out of 100 Review of : VivaPersik Jumlah Voting : 9999 Orang. Kediri Kuliner Prediksi Bola Jersey

Artikel Lain Tentang :