Selamat Datang di Viva Persik
Info Seputar Kediri dan sekitarnya, Persik Kediri dan Persikmania

Eksotika Wisata Alam Air Terjun Irenggolo Kediri

Diposkan oleh : Admin , pada 17 September 2012

Kediri Tweet This ! Kediri Share On Facebook ! Kediri Share On Google Buzz ! Kediri Add To Del.icio.us ! Kediri Share On Digg ! Kediri Share On Reddit ! Kediri Share On LinkedIn ! Kediri Post To Blogger ! Kediri Share On StumbleUpon ! Kediri Share On Friend Feed ! Kediri Share On MySpace ! Kediri Share On Yahoo Buzz ! Kediri Share On Google Reader ! Kediri Google Bookmark ! Kediri Send An Email ! Kediri Lintas Berita !

Kediri, Kediri, Kediri, Berita Seputar Kediri dan sekitarnya
Brrr! Gemericik air yang cukup deras menyambut kedatangan wisatawan di lokasi Air Terjun Irenggolo. Suasana pegunungan yang sejuk membuat keinginan untuk segera menceburkan diri ke air terjun itu.

Ya, gemericik Air Terjun Irenggolo menjadi penggoda bagi pelancong di lereng Gunung Wilis, Kediri, Jawa Timur. Udara sejuk, gemericik air dari ketinggian, serta pemandangan alam nan indah melengkapi suasana elok di sekitarnya.

Air Terjun Irenggolo merupakan tujuan wisata yang berada di Dusun Besuki, Kediri, Jatim. Daerah ini pun dikenal memiliki udara yang sejuk dengan pemandangan alam pegunungan yang sangat menawan.

Air terjun ini berada pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Lebih tepatnya, berada di lereng Gunung Wilis. Hijaunya pepohonan dan warna-warni bunga menghiasi sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun.

Tumpahan air dari lereng gunung ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan bentuk undakan-undakan dari bebatuan di tebingnya. Berada di alam pegunungan, air terjun ini bisa membuat kami menggigil dengan suhu sekitar 18 derajat Celcius.

Sebenarnya tidak hanya keindahan Air Terjun Irenggolo yang menjadi incaran wisatawan. Akan tetapi, banyak wisatawan yang datang untuk menyaksikan kesenian tradisi seperti halnya upacara ritual. Setiap bulan Suro dalam penanggalan Jawa, penduduk Dusun Besuki selalu mengadakan ritual Nyadran.

Ritual Nyadran dilakukan dengan harapan mendapat perlindungan serta pemberian ucapan terima kasih atas limpahan rezeki yang diberi Tuhan. Selain itu, tradisi ini juga dilakukan untuk memberikan pesembahan pada penguasa Gunung Wilis serta untuk mengenang Iro Manggolo sebagai pendahulu dan cikal bakal desa tersebut.

Kediri, Kediri, Kediri, Berita Seputar Kediri dan sekitarnya
Tidak selesai di situ, pada waktu bersamaan juga ada upacara adat yaitu Sesaji Tirto Husodo. Upacara Adat Sesaji Tirto Husodo merupakan kegiatan ritual yang dilaksanakan oleh masyarakat di sisi timur Pegunungan Wilis, tepatnya berada di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo.

Dalam ritual ini Air Terjun Irenggolo menjadi tempat ritual ini dilaksanakan. Pada upacara ini mereka mengenang Resi Wasis Curigonoto, penguasa Desa Jugo dan memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Penasaran dengan segala pesona air terjun ini? Irenggolo berada seitar 28 km ke arah barat daya dari Kota Kediri, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit bila menggunakan kendaraan bermotor.

Akses menuju air terjun ini pun relatif mudah dengan kondisi jalan yang cukup baik dan dapat ditempuh dengan segala macam kendaraan. Perjalanan menuju air terjun ini juga dapat dimulai dari Kota Kediri dengan cara menyeberang ke barat Sungai Brantas yang membelah Kota Kediri, lalu meluncur ke daerah Poh Sarang, Kecamatan Semen menuju Besuki.

Selanjutnya, pelancong harus melintasi Desa Selopanggung. Sebelum melanjutkan perjalanan, di Selopanggung, Anda bisa berziarah ke makam tokoh nasional Tan Malaka. Setelah itu, barulah Anda bisa menuju ke pintu gerbang Kawasan Wisata Besuki.

Tiket masuk ke Air Terjun Irenggolo pun cukup terjangkau, hanya dengan membayar Rp 3.000 per orang pelancong sudah bisa merasakan kesegarannya. Sedangkan untuk biaya parkir hanya Rp 1.000 per kendaraan roda dua.

Sarana transportasi, komunikasi, dan listrik juga sudah mendukung keberadaan objek wisata ini. Demikian pula, berbagai prasarana fisik yang lain, seperti tempat parkir, toilet, kamar mandi, kolam renang dan musala.

Bahkan di sini tersedia area untuk berkemah. Hanya saja sayangnya, di kawasan Air Terjun Irenggolo belum terdapat penginapan. Sehingga, bila ingin bermalam Anda harus ke Kota Kediri atau berkemah di sekitar air terjun.
(detik.com). Kediri
99out of 100 Review of : VivaPersik Jumlah Voting : 9999 Orang. Kediri Kuliner Prediksi Bola Jersey

Artikel Lain Tentang :