Selamat Datang di Viva Persik
Info Seputar Kediri dan sekitarnya, Persik Kediri dan Persikmania

Tips Jitu Atasi Anak yang Alergi Hawa Dingin

Diposkan oleh : Admin , pada 03 September 2012

Kediri Tweet This ! Kediri Share On Facebook ! Kediri Share On Google Buzz ! Kediri Add To Del.icio.us ! Kediri Share On Digg ! Kediri Share On Reddit ! Kediri Share On LinkedIn ! Kediri Post To Blogger ! Kediri Share On StumbleUpon ! Kediri Share On Friend Feed ! Kediri Share On MySpace ! Kediri Share On Yahoo Buzz ! Kediri Share On Google Reader ! Kediri Google Bookmark ! Kediri Send An Email ! Kediri Lintas Berita !

Kediri, Kediri, Kediri, Berita Seputar Kediri dan sekitarnya

Anak anda sering batuk dan sesak nafas atau gatal-gatal pada kulitnya? Bila anak menunjukkan gejala itu, berhati-hatilah. Jangan-jangan itu adalah reaksi alergi hawa dingin. Lantas, bagaimana ini bisa terjadi?

Udara dingin menyerang daya tahan tubuh yang menstimulasi produksi lendir atau dahak di saluran pernapasan. Kemudian, udara dingin menyerang jaringan di bagian hidung. Saluran di jaringan hidung pun melebar. Akibatnya, jaringan itu membengkak sehingga membuat hidung tersumbat. Ini pulalah yang menyebabkan batuk atau memicu sesak napas.

Biasanya akan timbul pula gatal-gatal. Hal ini disebabkan mekanisme pertahanan tubuh yang bereaksi secara berlebihan mengeluarkan histamin. Histamin adalah senyawa kimia yang menyebabkan timbulnya gejala alergi berupa gatal-gatal yang bisa menyebar ke seluruh tubuh.

Bila gejala tersebut baru pertama kali muncul, orangtua sebaiknya segera membawa anak ke dokter untuk memastikan apakah anak benar terkena alergi hawa dingin atau ada penyebab lainnya. Jika sudah pasti anak menderita alergi hawa dingin, yang harus segera dilakukan adalah membawanya ke tempat yang lebih hangat. Lalu, ganti pakaiannya dnegan yang lebih tebal mislanya jaket atau sweater. Bentol-bentol yang muncul bisa diberi bedak antigatal. Kalau memang sudah ada obat dari dokter, segera berikan obatnya.

Perlu Anda ingat, jangan minum obat sembarangan bila belum pernah mendapat obat yang diresepkan dokter. Hal ini disebabkan bila alergi muncul pada saluran napas yang ditandai dengan batuk berdahak atau sesak, konsumsi obat sembarangan bisa menyebabkan anak makin sesak napas. Pasalnya, saat alergi terjadi pembengkakan di saluran napas dan pembengkakan itu terjadi ke arah dalam. Nah, apa jadinya kalau gara-gara obat itu saluran napas semakin menutup? Tentu bisa fatal.

Sebaiknya anak diberi minuman hangat supaya tubuh mendapat panas dari dalam. Boleh juga mengolesi tubuh dengan balsam atau minyak untuk menghangatkan tubuh.

Kalau ditunggu sekitar satu jam setelah langkah-langkah di atas di lakukan kondisi anak tak kunjung membaik atau justru memburuk, makin sesak napas, atau dahak dan bentol-bentolnya makin banyak, jangan tunggu lagi segera bawa ke dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat seperti memberi obat antihistamin. Kadang kala diperlukan juga obat golongan steroid sesuai kondisi anak saat itu.


(tribunnews.com). Kediri
99out of 100 Review of : VivaPersik Jumlah Voting : 9999 Orang. Kediri Kuliner Prediksi Bola Jersey

Artikel Lain Tentang :