Selamat Datang di Viva Persik
Info Seputar Kediri dan sekitarnya, Persik Kediri dan Persikmania

Khasiat Kencur Sebagai Tanaman Obat Keluarga

Diposkan oleh : Admin , pada 02 Oktober 2012

Kediri Tweet This ! Kediri Share On Facebook ! Kediri Share On Google Buzz ! Kediri Add To Del.icio.us ! Kediri Share On Digg ! Kediri Share On Reddit ! Kediri Share On LinkedIn ! Kediri Post To Blogger ! Kediri Share On StumbleUpon ! Kediri Share On Friend Feed ! Kediri Share On MySpace ! Kediri Share On Yahoo Buzz ! Kediri Share On Google Reader ! Kediri Google Bookmark ! Kediri Send An Email ! Kediri Lintas Berita !

Kediri, Kediri, Kediri, Berita Seputar Kediri dan sekitarnya
Kencur sudah cukup lama dikenal masyarakat Indonesia. Ada beberapa nama daerah dari kencur antara lain ceuka (Aceh), dan Ukap (Papua). Adapun hasil utama dari tanaman kencur berupa umbi atau rimpangnya. Rimpang kencur memiliki bentuk yang bulat memanjang. Rimpang kencur yang masih muda umumnya berwarna putih, namun seiring dengan perkembangannya umur, warna putih tersebut secara berangsur-angsur akan berubah menjadi kuning atau kecoklat-coklatan.

Kencur juga dikembangbinakkan dengan menggunakan umbi atau rimpang yang telah ditunaskan terlebih dahulu. Adapun tempat yang cocok bagi pertumbuhan kencur adalah yang berada pada ketinggian 50 m – 1.000 m diatas permukaan laut (dpl). Dalam pertumbuhannya kencur memerlukan naungan yang ringan. Tanaman kencur dapat mulai dipanen setelah berumur 9 bulan.

Manfaat kencur telah banyak digunakan sejak jaman nenek moyang. Kencur digunakan sebagai bahan dasar pengobatan tradisional selama ratusan tahun. Pernahkah anda mendengar atau minum jamu beras kencur ? Atau bahkan anda adalah konsumen setia dari jamu beras kencur ?

Sejak jaman dahulu, kencur telah dikenal sebagai tanaman obat yang banyak digunakan untuk membantu mengobati berbagai macam penyakit. Manfaat kencur antara lain adalah untuk membantu meringankan sakit kepala, influenza, keselo dan beberapa penyakir ringan lainya.

Khasiat kencur juga telah dikenal sejak jaman dahulu untuk membantu melangsingkan tubuh, meringankan serangan penyakit migrain, mengobati asthma, mengobati penyakit rematik, mengobati tetanus, batuk serta mampu menghilangkan jerawat.

Berdasarkan riset laboratorium, khasiat kencur tersebut dikarenakan dalam tanaman kencur terdapat lebih dari 23 senyawa dan tujuh diantara senyawa tersebut mengandung senyawa monoterpena, senyawa aromatik dan seskuiterpena.

Rimpang kencur banyak mengandung minyak atsiri yang hangat, pedas, dan berwarna kuning berkisar antara 2% - 4%. Adapun minyak atsiri tersebut terdiri atas borneol, kamfen, H-pentadekan, para metoksi stiren, dan lain-lain.

Jika anda ingin membuat ramuan tradisional dengan bahan kencur, anda cukup mengolahnya dengan cara sederhana. Khasiat kencur bisa dengan mudah anda rasakan dengan mengkonsumsi kencur secara rutin, baik itu berbentuk jamu tradisional maupun dalam bentuk suplemen modern. Kencur tidak memiliki efek samping yang berbahaya, jadi tidak ada batasan umur agar bisa mengkonsumsi kencur.

.
Untuk yang ingin mencicipi khasiat dari Kencur dan tidak ingin terlalu direpotkan dengan proses pembuatan dahulu, anda bisa pesan di sini. Kami menyediakan :
1. Kencur Instan
2. Temulawak Instan
3. Jahe Instan
4. Kunir Instan
5. Kunir Asam Instan
6. Kunir Putih Instan
7. Kunci Sirih Instan

Hubungi via telpon / SMS : 0354 - 7619338 / 085649908080 (Ibu Sri Wahyuni)
Kediri
99out of 100 Review of : VivaPersik Jumlah Voting : 9999 Orang. Kediri Kuliner Prediksi Bola Jersey

Artikel Lain Tentang :