Selamat Datang di Viva Persik
Info Seputar Kediri dan sekitarnya, Persik Kediri dan Persikmania

Resep Jajanan Kue Lemper Ketan Isi Ayam

Diposkan oleh : Admin , pada 07 Februari 2016

Kediri Tweet This ! Kediri Share On Facebook ! Kediri Share On Google Buzz ! Kediri Add To Del.icio.us ! Kediri Share On Digg ! Kediri Share On Reddit ! Kediri Share On LinkedIn ! Kediri Post To Blogger ! Kediri Share On StumbleUpon ! Kediri Share On Friend Feed ! Kediri Share On MySpace ! Kediri Share On Yahoo Buzz ! Kediri Share On Google Reader ! Kediri Google Bookmark ! Kediri Send An Email ! Kediri Lintas Berita !

Kediri, Kediri, Kediri, Berita Seputar Kediri dan sekitarnya

Hidangan jajanan kue lemper merupakan salah satu hidangan jajanan pasar tradisional adalah makanan tradisional yang dibuat dari nasi ketan dengan isian ayam atau abon dibagian dalamnya. Kue lemper memiliki citra yang begitu baik dihati para penggemarnya, selain nikmat kue lemper juga sebagai jajanan murah meriah yang dapat mengganjal perut bahkan mengenyangkan untuk sebagian besar orang.

Biasanya kita akan dengan mudah menjumpai kue lemper di pasar, pedagang-pedagang kue keliling ataupun dipiggir jalan. Kue ini akan tersaji begitu istimewa jika dinikmati bersama dengan keluarga tercinta atau dijadikan sebagai camilan sewaktu mengisi waktu luang. Selain dinikmati sendiri, kue lemper juga cocok dihidangkan sebagai makanan kecil untuk menjamu tamu, biasanya kita akan menjumpai kue lemper pada jamuan hajatan, pengajian atau ibu-ibu arisan.

Namun bagi Anda yang ingin membuatnya sendiri dirumah, kami yakin Anda tentu bisa melakukannya. Sebab resep kue lemper kali ini terbilang begitu sederhana dan bahan-bahan yang diperlukan pun begitu mudah dijumpai di sekitar lingkungan Anda tinggal. Seperti apa resep untuk membuat jajanan kue lemper isi ayam yang lezat ? Mari kita simak berikut ini.

BAHAN :
– 250 gram Ketan
– 250 ml Santan Kental dari 1 butir kelapa
– 1/2 sendok teh Garam
– 1 batang Serai (dimemarkan)
– 2 lembar Daun Salam
– Daun Pisang secukupnya (untuk membungkus)

BAHAN ISIAN LEMPER AYAM :
– 1 dada Ayam rebus matang suwir-suwir
– 200 ml Santan
– 1 sendok makan Air asam jawa
– 1 lembar Daun Salam
– 2 sendok makan Minyak Goreng
– 4 lembar Daun jJeruk

BUMBU-BUMBU :
– 3 butir Kemiri sangrai
– 3 siung Bawang Putih
– 5 butir Bawang Merah
– 1 sendok teh Jintan sangrai
– 1 sendok makan Ketumbar sangrai
– 1 sendok makan Gula Pasir

CARA MEMBUAT :
1. Langkah pertama buat terlebih dahulu bahan isiannya dengan cara tumis semua bumbu yang dihaluskan hingga menjadi harum, masukkan santan, daging ayam suwir-suwir, daun salam serta daun jeruk hingga matang dan santan habis kemudian angkat.

2. Kemudian kita akan buat nasi ketannya, caranya rendam ketan selama 2 jam, lalu cuci hingga bersih, tiriskan dan kukus selama kurang lebih 15 menit, angkat kemudian sisihkan.

3. Selanjutnya, rebus santan bersama dengan daun salam, serai dan garam, masukkan ketan yang telah dikukus kemudian aroni hingga seluruh santan dihisap oleh ketan, angkat kemudian kukus ketan hingga matang.

4. Siapkan cetakan lemper yang sebelumnya telah diolesi minyak goreng, kemudian masukan nasi ketan secukupnya, pipihkan dan masukkan isian kemudian tutup kembali hingga berbentuk lonjong dan padatkan. Kemudian bungkus dengan daun pisang, dan sajikan.

Demikian artikel resep pembuatan Jajanan Kue Lemper Isi Ayam yang lezat. Semoga bermanfaat buat Anda, dan jangan lupa bagikan juga artikel ini pada saudara atau sahabat Anda yang saat ini sedang membutuhkan. Terima kasih dan selamat mencoba…!

(sumber: Nandyca Catering) Kediri
99out of 100 Review of : VivaPersik Jumlah Voting : 9999 Orang. Kediri Kuliner Prediksi Bola Jersey

Artikel Lain Tentang :