Selamat Datang di Viva Persik
Info Seputar Kediri dan sekitarnya, Persik Kediri dan Persikmania

Andi Darussalam Bakal Mundur dari Arema

Diposkan oleh : Admin , pada 11 Maret 2011

Kediri Tweet This ! Kediri Share On Facebook ! Kediri Share On Google Buzz ! Kediri Add To Del.icio.us ! Kediri Share On Digg ! Kediri Share On Reddit ! Kediri Share On LinkedIn ! Kediri Post To Blogger ! Kediri Share On StumbleUpon ! Kediri Share On Friend Feed ! Kediri Share On MySpace ! Kediri Share On Yahoo Buzz ! Kediri Share On Google Reader ! Kediri Google Bookmark ! Kediri Send An Email ! Kediri Lintas Berita !

Persikmania
VIVA-PERSIK,  Ketua Dewan Pembina Yayasan Arema Andi Darussalam Tabusalla mengatakan akan meninggalkan klub Arema Indonesia jika musim kompetisi Liga Super Indonesia 2010-2011 berakhir pada Juli mendatang.

“Saya sudah persiapan. Tapi, saya harus selesaikan dulu segala tanggung jawab di Arema biar semuanya bisa berakhir dengan baik bagi semuanya, bagi Arema dan Aremania,” kata Andi yang menghubungi Tempo pada Kamis (10/3) siang selama 3 menit 46 detik sejak pukul 13:25:49 WIB.

Sebelumnya Tempo menelepon Andi tapi tak diangkat dan Andi menelepon balik. Sambungan telepon tidak begitu lancar, agak terputus-putus. Tempo juga mengajukan pertanyaan pesan pendek yang dijawab Andi.

Direktur Utama PT Liga Indonesia itu menyebutkan beberapa alasan dirinya ingin mundur. Ia merasa tidak lagi dihormati dan dihargai sebagai pembina oleh para pemain terkait dengan krisis keuangan yang melanda klub Singo Edan. Krisis keuangan ditandai dengan mogoknya 14 pemain ke Papua sepulang dari Osaka pada Kamis (3/3) malam.

Pemain mogok sebagai bentuk protes manajemen yang berkali-kali ingkar janji membayarkan gaji mereka tepat waktu—termasuk janji membayarkan gaji pada Selasa (8/3). Pemain yang mogok baru berangkat pada Sabtu (5/3) pagi atau dua hari menjelang laga lawan Persipura Jayapura, yang berakhir 6-1 untuk tuan rumah.

Padahal, menurut Andi, ia dan manajemen sudah bekerja keras membereskan masalah keuangan Arema dengan mencarikan sponsor. Andi juga langsung terlibat mendamaikan ketidakharmonisan hubungan antara manajemen dan pemain gara-gara masalah keterlambatan pembayaran gaji. Keterlambatan gaji membuat pemain sempat mogok latihan beberapa kali. Sponsor yang berhasil digaet Andi adalah Ijen Nirwana Residence.

Pada 14 Oktober 2010 di perumahan eksklusif seluas 27 hektare di Kota Malang kepunyaan Grup Bakrie itu manajemen mengumumkan nama seluruh sponsor. Arema mengantongi Rp 11 miliar, sebesar Rp 4,5 miliar berasal dari Ijen.

Andi menegaskan Arema tetap akan hidup tanpa dirinya. Nama besar Arema menjadi daya tarik bagi siapa pun yang ingin membantu Arema. Nilai jual Arema masih tinggi. Siapa pun silakan mengambil Arema dan ia takkan menghalang-halangi. Penegasan ini mirip dengan penegasannya pada Tempo pada Kamis, 16 Juli 2009.

Ditanya alasannya masuk ke Arema sejak dilepas Bentoel pada 3 Agustus 2009 (diambil alih Bentoel pada 29 Januari 2003), Andi menegaskan dirinya bersedia membantu Arema tanpa pamrih. Keterlibatannya murni dilatari ikatan batin yang kuat sepanjang riwayat Arema sejak berdiri pada 11 Agustus 1987. “Karena sejarah panjang sejak berdirinya Arema oleh almarhum Acub Zainal,” ujarnya dalam pesan pendek.

Pada Kamis, 16 Juli 2009, Andi mengaku berutang budi pada ayah kandung bekas pemilik Arema, Lucky Adrianda Zainal, itu. Andi merasa turut dibesarkan oleh bekas administratur Liga Sepakbola Utama alias Galatama. Dengan demikian, ada kewajiban moral bagi Andi untuk ikut membantu menyelamatkan Arema baik diminta maupun tidak.

“Percayalah pada saya, Arema tidak akan ditinggalkan sponsorship. Nilai jual Arema masih tinggi. Meski saya sering berbeda sikap dan pandangan dengan Aremania dan manajemen atau pengurus Arema, saya tetap merasa punya ikatan batin yang kuat dengan Arema,” kata Andi kepada Tempo, 16 Juli 2009 itu.

Sebaliknya ia tegas-tegas menyangkal isu dan tudingan yang menyebut dirinya masuk ke Arema dengan membawa kepentingan politik Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical untuk melenggang ke kompetisi pemilihan presiden 2014.

Sumber Tempo bercerita, Ical berambisi menguasai perolehan suara di Malang Raya (Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu). Namun, ambisi itu bisa gagal jika Aremania, julukan suporter Arema, tidak dirangkul. Jamak diketahui, dalam kurun 2008-2009 hubungan Aremania dan PSSI tidak akur. Pada 2008 Aremania mendeklarasikan “revolusi PSSI”.

Lalu, setelah dilepas Bentoel, keuangan Arema kembali berdarah-darah. Di tengah kesulitan itu muncul isu petinggi Partai Demokrat pun ingin menguasai Arema. Bahkan, Edhie Baskoro Yudhoyono, putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, disebut-sebut sudah bersedia menjadi pemilik baru Arema.

Namun, ambisi Partai Demokrat gagal dengan masuknya Andi. Apalagi Ketua Partai Golkar Kabupaten Malang Rendra Kresna lebih dulu masuk ke jajaran elite Arema. Rendra terpilih menjadi Bupati Malang periode 2010-2015 pada 26 Oktober 2010. Pelantikan Rendra dan wakilnya, Ahmad Subhan, di gedung parlemen setempat dihadiri Ical dan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

“Saya bukan orang politik. Saya orang hitam-putih saja,” Andi membantahnya lewat pesan pendek.

Selain mundur dari Arema, Andi menyebut kemungkinan dirinya juga “pensiun” dari seluruh jagat sepakbola. Ia ingin mendapatkan waktu yang lebih banyak bersama keluarga. Tapi ia siap membantu persepakbolaan nasional jika dibutuhkan.

“Saya sudah capek. Sekarang di sepakbola tak ada persahabatan. Nilai-nilai sepakbola yang saya inginkan seperti pertemanan dan persahabatan sudah tak ada. Di sepakbola sekarang, teman dan sahabat malah jadi musuh,” katanya.

Sebelumnya, pada medio Januari 2011, seorang petinggi PT Liga Indonesia menegaskan masuknya Andi ke Arema memang murni dilatari sejarah hubungan panjang dan dalam dengan Arema. Andi disebut tidak mendapat keuntungan finansial sedikit pun. Sudah terlalu banyak yang dikorbankan Andi untuk Arema meski cara-caranya cenderung kontroversial.

“Itu demi kebaikan Arema. Setahu saya, Pak Andi malah merugi secara material. Kalau soal keuntungan dalam bentuk lain, seperti keuntungan politik, ya, hanya beliau yang tahu. Tapi saya yakin Pak Andi bantu Arema ikhlas. Sekarang ini Pak Andi sedang mencari momentum untuk meninggalkan Arema. Beliau kan tak seterusnya ngopenin Arema dan sepakbola. Beliau juga mau pensiun,” kata sang petinggi PT Liga Indonesia itu.

Dikonfirmasi cerita itu, Andi hanya menjawab pendek bahwa dirinya murni mau mundur sekarang ini, bukan sudah direncanakan sejak lama.
(abdi purnomo/tempo)


LIHAT JUGA :
 » JADWAL,HASIL dan KLASEMEN DIVISI UTAMA 2010-2011
 » JADWAL,HASIL dan KLASEMEN SUPER LIGA 2010-2011
 » TOP SKOR dan KLASEMEN LIGA PRIMER INDONESIA 2011
 » JADWAL dan HASIL LIGA CHAMPION EROPA 2010-2011
 » JADWAL dan KLASEMEN LIGA INGGRIS 2010-2011
 » JADWAL dan KLASEMEN LIGA SPANYOL 2010-2011
 » JADWAL dan KLASEMEN LIGA ITALIA 2010-2011
 » JADWAL dan KLASEMEN LIGA JERMAN 2010-2011 Kediri
99out of 100 Review of : VivaPersik Jumlah Voting : 9999 Orang. Kediri Kuliner Prediksi Bola Jersey

Artikel Lain Tentang :