Selamat Datang di Viva Persik
Info Seputar Kediri dan sekitarnya, Persik Kediri dan Persikmania

Mengenal Temulawak dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

Diposkan oleh : Admin , pada 15 Oktober 2012

Kediri Tweet This ! Kediri Share On Facebook ! Kediri Share On Google Buzz ! Kediri Add To Del.icio.us ! Kediri Share On Digg ! Kediri Share On Reddit ! Kediri Share On LinkedIn ! Kediri Post To Blogger ! Kediri Share On StumbleUpon ! Kediri Share On Friend Feed ! Kediri Share On MySpace ! Kediri Share On Yahoo Buzz ! Kediri Share On Google Reader ! Kediri Google Bookmark ! Kediri Send An Email ! Kediri Lintas Berita !

Kediri, Kediri, Kediri, Berita Seputar Kediri dan sekitarnya

Temulawak ( Curcuma xanthorrhiza ROXB ) merupakan tanaman obat alami berupa tumbuhan rumpun berbatang semu. Nama daerah bagi telawak antara lain di Jawa Barat temulawak disebut sebagai koneng gede sedangkan di Madura disebut sebagai temu lobak.

Kawasan Indo merupakan tempat dari mana temulawak ini menyebar ke seluruh dunia. Saat ini tanaman ini selain di Asia Tenggara dapat ditemui pula di Cina, IndoCina, Bardabos, India, Jepang, Korea, di Amerika Serikat dan Beberapa negara Eropa.

Tanaman terna berbatang semu dengan tinggi hingga lebih dari 1m tetapi kurang dari 2m, berwarna hijau atau coklat gelap. Akar rimpang terbentuk dengan sempurna dan bercabang kuat, berwarna hijau gelap. Tiap batang mempunyai daun 2 – 9 helai dengan bentuk bundar memanjang sampai bangun lanset, warna daun hijau atau coklat keunguan terang sampai gelap, panjang daun 31 – 84cm dan lebar 10 – 18cm, panjang tangkai daun termasuk helaian 43 – 80cm.

Perbungaan lateral, tangkai ramping dan sisik berbentuk garis, panjang tangkai 9 – 23cm dan lebar 4 – 6cm, berdaun pelindung banyak yang panjangnya melebihi atau sebanding dengan mahkota bunga. Kelopak bunga berwarna putih berbulu, panjang 8 – 13mm, mahkota bunga berbentuk tabung dengan panjang keseluruhan 4.5cm, helaian bunga berbentuk bundar memanjang berwarna putih dengan ujung yang berwarna merah dadu atau merah, panjang 1.25 – 2cm dan lebar 1cm.

Manfaat dan khasiat tanaman temulawak antara lain :
- Menghilangkan rasa nyeri pada perut akibat diare atau penyakit disentri.
- Mengobati penyakit kuning ( penyakit Icterus )
- Mengobati penyakit ginjal dan limpa yang membengkak.
- Mengobati penyakit radang pada saluran kencing.
- Dan banyak lagi khasiat lainnya

Cara menggunakannya yaitu akar temulawak direbus, disaring dan dimbil airnya lalu dicampur dengan gula atau madu asli.

.
Untuk yang ingin mencicipi khasiat dari Temulawak dan tidak ingin terlalu direpotkan dengan proses pembuatan dahulu, anda bisa pesan di sini. Kami juga menyediakan :
1. Kencur Instan
2. Temulawak Instan
3. Jahe Instan
4. Kunir Instan
5. Kunir Asam Instan
6. Kunir Putih Instan
7. Kunci Sirih Instan

Hubungi via telpon / SMS : 0354 - 7619338 / 085649908080 (Ibu Sri Wahyuni)
Kediri
99out of 100 Review of : VivaPersik Jumlah Voting : 9999 Orang. Kediri Kuliner Prediksi Bola Jersey

Artikel Lain Tentang :