Selamat Datang di Viva Persik
Info Seputar Kediri dan sekitarnya, Persik Kediri dan Persikmania

Preview Piala Indonesia : Persik Kediri vs Persipura Jayapura

Diposkan oleh : Admin , pada 31 Juli 2010

Kediri Tweet This ! Kediri Share On Facebook ! Kediri Share On Google Buzz ! Kediri Add To Del.icio.us ! Kediri Share On Digg ! Kediri Share On Reddit ! Kediri Share On LinkedIn ! Kediri Post To Blogger ! Kediri Share On StumbleUpon ! Kediri Share On Friend Feed ! Kediri Share On MySpace ! Kediri Share On Yahoo Buzz ! Kediri Share On Google Reader ! Kediri Google Bookmark ! Kediri Send An Email ! Kediri Lintas Berita !

Walau Tak Diunggulkan Persik Berusaha Rebut Posisi Tiga

VIVA-PERSIK,  Masih dalam kondisi 'berdarah-darah' setelah dikalahkan Arema Indonesia 4-0 di babak semifinal Piala Indonesia (PI) 2010, Persik Kediri ternyata masih menyimpan mimpi. Tim asal Kota Kediri ini masih optimis bakal bisa mempecundangi Persipura Jayapura sore nanti di Manahan Solo.

Persik Kediri dan Persipura Jayapura bakal bertemu untuk memperebutkan posisi tiga. Melihat faktor teknis maupun psikis, khalayak bola ditanah air lebih menyebut tim Mutiara Hitam Persipura Jayapura lebih pantas memenangi duel tersebut. Sangat beralasan. Persik Kediri tak sekadar menderita lahir batin setelah dicampakkan rival beratnya Arema Indonesia. Tapi pelatih Agus Yuwono juga pusing memikirkan siapa yang pantas berdiri di bawah mistar setelah Fauzi Toldo terkena kartu merah di laga semifinal lalu.

“Kami sadar tidak diunggulkan. Kondisi yang kami alami lebih berat dibanding Persipura Jayapura. Secara fisik, mental, bahkan teknik, jujur saja kita sekarang di bawah Persipura Jayapura," kata Agus Yuwono, Jumat (30/7/2010). Tapi Agus tetap menargetkan timnya meraih peringkat ketiga Piala Indonesia 2010.

Dari komposisi pemain, selain penjaga gawang, nyaris tak ada perubahan di kubu tim Macan Putih Persik Kediri. Perubahan sangat dimungkinkan terjadi pada formasi tim. Saat menghadapi Arema Indonesia, Agus memakai pola 3-5-2 dan ternyata tidak berjalan mulus. Tiga bek di belakang dalam kepanikan luar biasa kala mendapat serangan cepat Arema Indonesia. Agus Yuwono saat ini masih mengevaluasi skema yang akan dipakai nanti. Ia bisa saja kembali ke 4-3-1-2. Pertanyaan terbesar justru di posisi penjaga gawang. Dengan absennya Fauzi Toldo, pelatih harus memilih Herman Batak atau Wahyudi. Apesnya, saat ini dua kiper tersebut dalam kondisi labil.

Wahyudi jarang dimainkan, sedangkan Herman Batak bermain buruk saat menghadapi Persija Jakarta di babak 8 besar yang lalu. Di dua pertandingan berikutnya, Herman harus mengikhlaskan posisinya di tempati Fauzi Toldo. "Saya nanti akan berdiskusi dengan pelatih kiper, terkait siapa yang akan diturunkan," tukas pengganti Gusnul Yakin tersebut.

Soal mental bertanding, Agus menyadari pemainnya sedang dalam kondisi tidak bagus. Untuk itu ia cukup menginstruksikan Saktiawan Sinaga dkk untuk bermain lepas, dengan tetap mengusung target utama memenangkan pertandingan.

Sementara itu tim Mutiara Hitam Persipura Jayapura juga tak luput dari masalah. Sehari sebelum pertandingan, Jacksen F Tiago masih memantau kondisi kapten tim Eduard Ivakdalam. Pemain paling senior di Persipura tersebut mengalami cedera kaki kanan dan sempat ditarik keluar saat menghadapi Sriwijaya FC Palembang di babak semifinal kemarin.

Jika Eduard tak bisa merumput, maka lini tengah bisa dihuni Stevie Bonsapia dan David Laly. "Kondisinya (Eduard) tidak menguntungkan dan kita harus menunggu perkembangan terakhir. Bagi saya bukan masalah walau dia absen, karena masih ada pemain pelapis," kata Jacksen.

Masalah serius adalah sudah pasti absennya striker Ian Louis Kabes yang mendapat kartu merah di semifinal. Untuk mengganti perannya, Jacksen bisa menurunkan pemain China Qu Cheng. Sayang pemain ini bukan opsi terbaik karena jarang diturunkan.

Malah Jacksen bisa saja mendorong Imanuel Wanggai ke depan bersama Boaz Solossa. Pada laga semifinal, Imanuel berdiri berfungsi sebagai jangkar yang menopang Boaz dan Kabes. Trio penyerang itu sudah terbukti ampuh walaupun membentur pertahanan kokoh Sriwijaya FC.

Saat dihubungi, Jacksen mempunyai sejumlah opsi dalam menurunkan formasi pemain. "Tapi itu masih rahasia. Yang pasti saya mempunyai formasi pilihan dan semua bisa diterapkan di lapangan tergantung jalannya pertandingan," kata Jacksen. Formasi yang menjadi idola Jacksen selama ini, antara 4-3-3, 4-3-1-2 dan bahkan bisa juga 3-4-3. Melihat kondisi tim yang ada, kemungkinan pelatih asal Brasil ini tetap akan memakai 4-3-3 dengan posisi Boaz yang melebar di sayap.

Soal motivasi dan mental, Jacksen mengakui tim kalah selalu mengalami penurunan semangat. Tapi ia cukup memahami hal itu dan menekankan ke pemain bahwa Persipura Jayapura kalah secara terhormat dari Sriwijaya FC dan tidak perlu terlalu lama disesali.

"Ini pertandingan terakhir kita di musim 2010. Saya ingin pemain memberikan segalanya untuk masyarakat Jayapura. Biarlah kemarin kita kalah. Walau hanya meraih juara ketiga, paling tidak kita bisa membawa pulang kemenangan," tandasnya.

Melihat situasi kedua tim jelang duel perebutan tempat ketiga Piala Indonesia 2010 tersebut, Persipura Jayapura memang lebih diunggulkan baik secara teknis maupun mental. Secara permainan, kecepatan lini depan Persipura Jayapura bisa menjadi momok bagi pertahanan Persik Kediri yang cenderung lamban seperto O.K John atau Harianto.

Prakiraan Formasi dan Pemain :

Persik Kediri (4-3-1-2):
Herman Batak (gk), O.K John, Tito Purnomo, Mahyadi Panggabean, Harianto (belakang), Mekan Nashirov, Jefri Dwi Hadi, Legimin Raharjo (tengah), Han Jiho, Zhang Shuo, Yongki Ariwibowo (depan)

Persipura Jayapura (4-3-3):
Jendry Pitoy (gk), Gerald Pangkali, Victor Igbonefo, Pauline Bio, Ricardo Salampessy (belakang), Ortizan Solossa, Hendra Ridwan, Stevie Bonsapia (tengah), Boaz Solossa, Imanuel Wanggai, Qu Cheng (depan)

(vann/okezone) 

LIHAT :   JADWAL SEMI-FINAL dan FINAL PIALA INDONESIA 2010

PELUANG USAHA :
Kediri
99out of 100 Review of : VivaPersik Jumlah Voting : 9999 Orang. Kediri Kuliner Prediksi Bola Jersey

Artikel Lain Tentang :